FASAD BANGUNAN YANG BERADAPTASI DENGAN IKLIM 

Fasad ialah antarmuka antara interior dan eksterior bangunan. Mereka ialah komponen yang paling mencolok dan menonjol dari sebuah bangunan, mereka melindunginya dari agen eksternal dan yaitu salah satu kontributor utama untuk mewujudkan lingkungan yang nyaman sebab di situlah profit dan kerugian termal terjadi. Seperti halnya kulit kita, organ tubuh kita yang sungguh-sungguh serbaguna, wajar bila menjadi komponen dari bangunan yang menyandang teknologi yang kapabel menyesuaikan diri dengan keadaan lingkungan daerah dia berada. – https://alcopanacp.com/aluminium-composite-panel-pemasangan-acp/

Inilah sebabnya kenapa istilah Fasad Cerdas kian acap kali disebut. Fasad bisa dikatakan cerdas dikala menyesuaikan diri dengan keadaan lingkungan dan merubah dirinya secara berbarengan. Hal ini terjadi via bagian-komponennya (pasif atau aktif), yang menyesuaikan diri untuk menyesuaikan diri dengan keadaan yang berbeda, merespons perubahan yang terjadi di luar dan di dalam bangunan. Untuk fasad, konsentrasi utamanya ialah pada persamaan mengoptimalkan cahaya sang surya natural, melindungi dari radiasi sang surya, sekalian mengendalikan ventilasi dan input/output panas. Pertukaran ini bisa terjadi via kaca, yang bisa dianggap cerdas dikala sifat transmisi sinarnya bergeser sebab tegangan listrik, sinar atau panas kemudian digunakan, menyebabkan kaca merubah penampilannya sehingga merubah intensitas serta panjang gelombang sinar tertentu.

Kami sudah menerbitkan tulisan seputar fasad adaptif untuk arsitektur yang lebih tangguh yang menonjolkan bermacam-macam teknologi yang menyesuaikan diri dengan lingkungan. Padahal banyak solusi yang disampaikan di sana mungkin terlihat seperti fiksi ilmiah, telah ada alternatif yang tersedia di pasar untuk fasad piawai, dengan kacamata modern yang mengendalikan transmisi sinar, transparansi, dan fenomena pencairan salju, untuk membikin bangunan lebih cerdas dan ekologis. Kami sudah memilih sebagian solusi pasar di bawah ini:

Dengan memodifikasi tegangan yang digunakan pada lembaran kaca, dimungkinkan untuk mengendalikan warnanya dan alhasil merubah intensitas sinar dan radiasi ultraviolet dan inframerah yang ditransmisikan via bahan-bahan ini. Artinya, kaca dinamis ini memungkinkan pengguna bangunan untuk secara aktif mengendalikan sinar natural dan perolehan panas sang surya, meningkatkan kenyamanan dan secara signifikan mengurangi konsumsi tenaga.

Solusi unik dalam manajemen ruang via kontrol instan opalescence. Ini ialah kaca aktif yang, ditenagai oleh listrik, berubah dari tembus sinar menjadi transparan tanpa merubah transmisi sinar. Manfaat utamanya ialah menerima privasi sambil mempertahankan jalan masuk ke sinar natural. Kecuali itu, kaca menawarkan kemungkinan menjalankan proyeksi dinamis video dan gambar, merubah fasad menjadi layar besar.

Kaca pembersih diri ialah kenyataan juga. Lapisan transparan dari bahan mineral hidrofilik dan fotokatalitik digunakan selama progres pembuatan, memungkinkan kaca mengaplikasikan tenaga radiasi UV, yang terkandung di bawah cahaya sang surya, dan hujan untuk mengendalikan kotoran yang menumpuk di komponen luar jendela secara efisien dengan acp . Paparan radiasi UV memicu penguraian kotoran organik dan membikin permukaan kaca menjadi hidrofilik. Hujan (atau air) menyusun lapisan di kaca dan membilas kotoran organik dan bahan mineral. Untuk fasad, manfaat utama ialah pemeliharaan, sebab usulnya ialah mengurangi setengah keperluan pembersihan, mengurangi tarif perancah, derek, atau segala operasi membahayakan yang melibatkan pembersihan fasad gedung tinggi.

Penting untuk dicatat bahwa, terlepas dari kemajuan teknologi mengenai fasad, banyak profit dalam hal keberlanjutan bisa ditempuh via desain yang sadar dan dengan memilih bahan yang cocok dengan iklim dan lingkungan. Kombinasi dari metode dan material tradisional dan cerdas bisa meningkatkan kenyamanan dan efisiensi sebuah bangunan.

 

Info Lainnya : Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *