Bagaimana Memilih Prasekolah untuk Anak Anda

Jika anak Anda berusia 2, 3, atau 4 tahun, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara memilih prasekolah. Prasekolah adalah langkah pertama dalam perjalanan akademis anak Anda dan dapat menjadi dasar untuk semua pembelajaran di masa depan.

Selain mulai mempelajari dasar-dasar seperti alfabet dan angka, prasekolah juga mengajarkan keterampilan sosial yang penting seperti bagaimana mandiri, bagaimana berbagi, dan bagaimana mengikuti arahan.

Pertama, Tentukan Apakah Anak Anda Siap untuk Prasekolah

Langkah pertama dalam mempersiapkan diri ke prasekolah adalah memastikan bahwa anak Anda siap. Ada banyak variabilitas — dan apa yang tepat untuk satu anak tidak selalu sesuai untuk anak lainnya.

Begitu Anda memutuskan anak Anda siap, memilih prasekolah terbaik bisa tampak seperti proses yang menakutkan — tetapi kebanyakan dari itu adalah mengetahui apa yang Anda inginkan dan apa yang terbaik untuk anak Anda. Umumnya ditujukan untuk anak-anak berusia 3 hingga 4 tahun, beberapa program menerima anak-anak berusia 2 tahun.

Simak juga : homeschooling di jakarta

Tips Memilih Prasekolah Terbaik untuk Anak Anda

Dari akademisi hingga sosialisasi hingga transportasi dan bahkan berapa lama hari sekolah, berikut ini cara menimbang setiap aspek prasekolah dengan cermat dan membuat keputusan yang sesuai untuk Anda dan anak Anda.

Simak juga : sekolah international di jakarta utara

Kapan Mulai Melihat Sekolah

Banyak anak prasekolah mulai menerima lamaran pada bulan Januari, dan mungkin mengadakan open house lebih cepat dari itu. Pastikan untuk memeriksa terlebih dahulu dengan masing-masing program untuk memastikan Anda tidak melewatkan tenggat waktu yang penting. Mulailah melihat sekolah selama bulan September sebelum dimulainya tahun ajaran baru (dengan asumsi itu dimulai pada bulan Januari). Dalam banyak kasus, ini adalah saat anak berusia 2 tahun. Tanyakan kepada sekolah untuk mengetahui perincian tentang kualifikasi usia dan faktor-faktor lain seperti pelatihan toilet. https://dramallama.id/

Simak juga : sekolah international di kelapa gading

Tentukan Apa yang Penting bagi Anda

Tidak peduli apa yang mungkin dikatakan semua ahli, Anda adalah pendukung terbaik anak Anda dan menilai jenis lingkungan apa yang akan mereka lakukan paling baik. Pikirkan tentang kepribadian anak Anda. Apakah mereka pemalu? Apakah mereka cepat berteman? Apa yang Anda inginkan dari prasekolah anak Anda? Apakah Anda mencari program akademik yang ketat atau sesuatu yang lebih sosial dan / atau berbasis kreativitas?

Simak juga : Sekolah katolik international kelapa gading

Susun Daftar Sekolah di Dekat Anda

Ada banyak opsi berbeda di luar sana. Terserah Anda untuk menyaring semuanya dan menentukan yang paling cocok. Jadi, mulai dari mana? Tanya sekitar. Siapa pun yang Anda kenal dengan anak-anak adalah orang yang baik untuk ditanyai, apakah Anda mengenal mereka dari tempat kerja, lingkungan, kelompok bermain, atau perpustakaan. Secara khusus, fokuslah pada orang-orang yang memiliki anak yang seusia dengan Anda dan yang anaknya memiliki kepribadian yang sama. Anda bahkan mungkin ingin mengobrol dengan dokter anak Anda tentang apa yang mungkin mereka pikirkan, terutama jika anak Anda memiliki beberapa masalah medis atau kesehatan mental yang mendasarinya.

Simak juga : Sekolah katolik international jakarta

Renungkan Filsafat Setiap Sekolah

Setiap prasekolah memiliki gaya dan filosofi pendidikan yang berbeda. Sekolah Montessori dikenal karena memupuk kemandirian, sekolah Waldorf untuk kreativitas mereka, metode High / Scope mengambil pendekatan “pembelajaran yang disengaja”, Bank Street berfokus pada pendidikan yang berpusat pada anak, dan pendekatan Reggio Emilia mengikuti perkembangan alami anak. Ingatlah bahwa setiap sekolah menetapkan nada mereka sendiri dan memiliki metode mereka sendiri. Jadi pastikan untuk melakukan riset sebelumnya untuk menemukan yang paling cocok untuk anak Anda.

Simak juga : homeschooling jakarta

Anda juga dapat menemukan program yang dijalankan melalui gereja dan kuil di mana agama menjadi bagian dari kurikulum sehari-hari. Pilihan lain termasuk program koperasi yang dijalankan oleh orang tua, program yang berafiliasi dengan kelompok masyarakat seperti YMCA. Ada juga program yang didanai negara seperti Head Start yang seringkali gratis untuk semua penduduk atau keluarga berpenghasilan rendah. Anda juga dapat menjelajahi berbagai program mandiri yang dapat ditemukan di banyak kota kecil dan kota besar serta sekolah yang dikelola oleh pusat penitipan anak. Ada banyak sekali kemungkinan untuk mengeksplorasi pilihan prasekolah terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan kepribadian anak Anda.

Simak juga : homeschooling terbaik di jakarta

Apa yang Harus Diperhatikan Tidak Peduli Apa

Jenis Sekolah yang Anda Pilih
Untuk memenuhi kebutuhan individu anak, Anda ingin mencari sekolah yang menawarkan ukuran kelas kecil dan rasio guru-anak yang rendah. Pedoman umumnya adalah satu orang dewasa untuk setiap empat hingga enam anak usia 2 hingga 3 tahun; enam sampai 10 orang dewasa untuk usia 3 sampai 5 tahun; tidak lebih dari 12 siswa di sebuah ruangan untuk anak usia 2 hingga 3 tahun; tidak lebih dari 20 siswa di sebuah ruangan untuk anak usia 3 sampai 5 tahun

Simak juga : homeschooling jakarta utara

Ruang kelas harus memiliki banyak mainan dan perlengkapan bermain lainnya yang bersih, aman, dan mudah dijangkau oleh si kecil. Jika ada ruang bermain di luar, pastikan dipagari dan tanyakan apakah staf terlatih dalam pertolongan pertama.

Simak juga : home schooling jakarta utara

Transportasi dan Jarak Juga Penting

Bagaimana anak Anda akan pergi ke sekolah? Apakah mereka akan naik bus atau Anda akan menjemput dan menurunkan mereka? Seberapa jauh sekolah dari rumah Anda? Ini mungkin tampak seperti masalah sekunder, tetapi sangat penting. Jika perlu waktu lama untuk sampai ke sekolah, anak Anda mungkin terlalu bersemangat saat tiba di sana.

Simak juga : homeschooling kelapa gading

Pada saat yang sama, jika prasekolah juga berfungsi sebagai tempat penitipan anak untuk anak Anda, perjalanan jauh dengan mobil dapat menjadi waktu berkualitas yang penting bagi keluarga Anda. Sebuah prasekolah yang dekat dengan tempat tinggal Anda dapat mempermudah anak Anda untuk membina persahabatan yang mereka buat di sekolah, berkat teman bermain dan undangan pesta di lingkungan tersebut.

Simak juga : jakarta international school

Berapa Lama Hari Sekolah?

Percaya atau tidak, prasekolah bisa menjadi pekerjaan berat bagi banyak anak, terutama bagi mereka yang belum pernah mengikuti program formal jauh dari rumah. Banyak program prasekolah yang berlangsung setengah hari atau hanya beberapa jam dan dengan alasan yang bagus. Banyak anak, terutama anak prasekolah yang lebih muda, siap untuk istirahat dan membutuhkan waktu tenang bahkan setelah hanya beberapa jam prasekolah. Namun, beberapa prasekolah juga menawarkan program perpanjangan waktu dan hari penuh, yang ideal untuk orang tua yang bekerja penuh waktu.

Simak juga : inkjet printer industri

Tanyakan tentang semua opsi yang tersedia dan putuskan mana yang paling cocok untuk anak Anda. Jika Anda tidak puas dengan opsi yang telah Anda pilih atau jika keadaan Anda telah berubah, kemungkinan Anda selalu dapat beralih.

Lakukan Kunjungan Situs

Di beberapa titik, melakukan kunjungan situs ke semua pilihan potensial Anda diperlukan. (Jika sekolah tidak mengizinkan Anda datang berkunjung, Anda mungkin ingin melanjutkan dan mencoretnya dari daftar Anda.) Hubungi dulu untuk menjadwalkan waktu yang sama-sama nyaman untuk bertemu dengan kepala sekolah, direktur, atau anggota staf untuk diajak bicara. Anda juga dapat meminta untuk menjadwalkan wawancara prasekolah dengan guru dan bahkan mengikuti tur fasilitas.

Simak juga : metal detector industri

Anda mungkin juga ingin mencari tahu apakah Anda dapat mengamati ruang kelas beraksi. Jika Anda diizinkan untuk melakukannya, pastikan Anda mengizinkan guru untuk memimpin pelajaran mereka tanpa mengganggu mereka sehingga Anda dapat mengamati bagaimana anak-anak menanggapi guru mereka dan terlibat dalam pengaturan kelas.

Simak juga : robot palletizer

Cobalah untuk bertahan setidaknya selama setengah jam sehingga Anda dapat benar-benar merasakan bagaimana kelas berjalan. Setelah Anda melakukan kunjungan sendiri dan setelah Anda mempersempit pilihan, cari tahu apakah mungkin untuk membawa anak Anda ke sekolah untuk merasakan tingkat kenyamanan mereka. Banyak sekolah akan menyambut baik kesempatan untuk bertemu calon siswa, dan kunjungan juga dapat membantu anak Anda mulai memahami apa itu prasekolah.

Simak juga : camera vision inspeksi

Pertimbangkan Kebahagiaan Anak Anda

Prioritas nomor satu dalam memilih prasekolah? Memilih tempat yang paling nyaman dan menyenangkan bagi anak Anda. Akademisi itu penting, tetapi anak Anda memiliki pelajaran formal seumur hidup di depan mereka. Prasekolah harus menjadi tempat di mana anak Anda dapat menemukan kecintaan pada sekolah dan menumbuhkan penghargaan untuk pembelajaran seumur hidup.

Pengertian dari Peer to peer Lending

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *