Pena Gambar

Pena Gambar
Sesudah membaca mengenai tulisan aku sebelumnya, Perlengkapan Gambarku dan Melanjutkan Mengenai Alat Gambar, banyak yang bertanya terhadap aku, secara khusus mengenai pena gambar dan semacamnya. Tulisan ini sebelumnya ada di komponen Artikel, tapi alhasil aku mempertimbangkan untuk memindahkannya ke komponen Halaman Perlengkapan Gambarku sebagai anakan dari induk utama tulisan hal yang demikian. Sejujurnya, aku juga baru pemula dalam hal ini, dan oleh sebab bujet keuangan yang tak memadai, aku juga cuma dapat memanfaatkan kelengkapan yang ada, semacam pena gambar murah dan screentone komputerisasi (secara khusus yang dapat dibikin sendiri…)

Baca juga : Thumbler promosi

Kali ini, aku ingin menerangkan mengenai pena gambar yang aku gunakan. Aku mengaplikasikan sebagian variasi pena gambar sekalian, kecuali sebab memang aku bahagia berkreasi dan mencoba-coba, ada sebagian variasi atau macam gambaran tertentu yang cuma baik kalau dijelaskan mengaplikasikan pena tersendiri. Pena gambar paling biasa yang aku gunakan ialah pena gambar lazim, yang variasi tintanya mirip pena Boxy. Sesungguhnya Boxy juga dapat diterapkan sebagai pena gambar, cuma saja aku tak menganjurkannya, sebab tintanya variasi non-waterproof. Nanti dapat berabe kalau gambarnya akan diwarnai mengaplikasikan sistem tradisional (cat air atau cat poster), dapat luntur.

Merk pena gambar yang aku gunakan (lazimnya) Snowman, sebab merk inilah yang paling biasa dijumpai di kios-kios buku dan relatif murah. Merk Sakura Micro Pigmen yakni merk yang lebih baik dan bermutu, nikmat diterapkan, dan tintanya lebih bendung lama dibanding Snowman (Snowman cenderung memudar kalau goresannya dihapus mengaplikasikan karet penghapus lazim), tapi harganya lebih mahal (sebab impor) dan lebih sulit ditemukan. Cuma kios-kios buku dan kios alat tulis tertentu yang memasarkan pena ini, seperti Paperclip dan Kinokuniya. Varian pena gambar Sakura juga lebih luas diperbandingkan Snowman; pena Sakura mempunyai 4 variasi warna tinta (hitam, biru, merah, hijau), ukuran mata pena lebih berjenis-jenis (mulai dari 0.005 hingga 0.5 dengan ketepatan dan goresan yang lebih rapi), dan variasi pena khusus yang menyerupai fude pen dari Jepang, variasi pena brush atau kuas.

# pena Rotring 0.01–variasi pena teknis lebih nikmat untuk diterapkan menggambar latar belakang atau mendetail pada gambaran, semacam rambut, ornamen, dan sebagainya. Untuk menggambar karakter juga boleh, melainkan kurang fleksibel (namanya juga pena teknis…) sebab goresannya terkesan terlalu rapi dan kurang spontan.

#1: pena gambar merk Sakura Micro Pigmen, variasi brush pen–yang ini enaknya diterapkan untuk menggambar rambut. Seluruh pena gambar Sakura Micro Pigmen berwarna-kemas seperti ini, krem kekuningan. Ada juga pena berwarna-kemas hitam, melainkan itu yang variasi permanent marker (kalo gak salah :P)

#2: pena gambar merk Snowman 0.01–variasi pena gambar yang paling biasa dan kerap kali aku gunakan. Harganya relatif murah (diperbandingkan dengan Sakura, Yoken, Simbalion, dsj) dan gampang dijumpai.

# spidol, bagus spidol lazim ataupun spidol marker permanen–spidol lebih bagus diaplikasikan untuk mewarnai latar belakang gelap atau hitam, bukan untuk meninta karakter; sebab spidol cenderung mempunyai goresan yang lebar dan tak jitu. Untuk membikin komik sebaiknya gunakan yang permanent marker deh, soalnya spidol lazim merk Snowman seperti yang dicontohkan di atas itu tintanya luntur abis…

Jadi, untuk yang baru pertama kali mencoba menggambar dan meninta, sebaiknya gunakan pena gambar murah dahulu saja, baru mencoba pena yang lebih mahal/baik. Snowman yakni merk yang telah cukup nikmat diaplikasikan dan tak terlalu memberati kantong. Apabila ingin bereksperimen dengan G-pen atau maru pen gaya mangaka Jepang, yaah, sepatutnya siap merogoh kantong lebih, sebab harganya mahal banget. Kecuali itu, untuk yang tak lazim mengaplikasikan pena gambar teladan celup-tinta, pasti kerepotan mengaplikasikan pena semacam ini. Kecuali itu, pena dan mata pena semacam ini cuma dapat dijumpai di kios-kios tertentu. Kinokuniya ialah acuan pertama; Paperclip juga memasarkan mata pena semacam ini, tapi koleksi mereka tak selengkap Kinokuniya (maklum, kios buku Jepang…).

Oke, semoga isu ini berguna bagi Anda

 

 

Artikel terkait : Souvenir pulpen