6 Fakta Unik dari Binatang Endemik Penghuni Taman Nasional Komodo

6 Fakta Unik dari Binatang Endemik Penghuni Taman Nasional Komodo
Kecantikan alam dan rasa penasaran atas komodo yakni sebagian alasan yang membikin wilayah Taman Nasional Komodo banyak dikunjungi pelancong. Ketika ini, daerah wsata hal yang demikian sedang menjadi bahan diskusi.

Baca juga : https://komodoshuttle.com

Rencana itu berawal ketika sebagian hari lalu, Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) berencana menaikkan harga karcis masuk ke Taman Nasional (TN) Komodo. Diinfokan itu memperoleh bermacam-macam respon dari bermacam pihak, termasuk dari Kementerian Pariwisata (Kemenpar) yang kurang sepakat dengan masukan itu. Taman Nasional Komodo memang banyak punya tenaga tarik, terutamanya komodo, binatang langka yang cuma ada di Indonesia. Dalam bahasa Inggris komodo disebut Komodo Dragon atau Komodo Monitor, walaupun dalam bahasa Indonesia disebut Biawak Komodo atau lebih kerap disebut Komodo.

Lalu seperti apa hakekatnya binatang melata yang satu ini?

Panduan dari buku ‘Kencang Lapangan Biawak Komodo’ terbitan Yayasan Komodo Survival Program pada 2017, berikut ada enam fakta unik dan menarik perihal komodo dan binatang lainnya yang menghuni Taman Nasional Komodo.

Pelari Piawai

Komodo bisa berlari sampai 18 km per jam, atau berimbang dengan kecepatan rata-rata lari manusia. Kelebihan ini jadi kunci keberhasilan mereka dalam berburu makanan.

Tidak Berenang

Sedangkan cuma pesat dalam berlari, Komodo yang banyak terdapat di Taman Nasional Komodo juga familiar dengan kesanggupannya berenang. Malah terampil berenang, mereka terbukti malas berenang.

Rahang dan Gigi Komodo

Rahang komodo betul-betul kuat dan dilengkap 60 gigi tajam berbentuk pipih, melengkung dan runcing dengan komponen dalam yang bergerigi. Sementara, air liur komodo mengandung sebagian ragam mikroba kuman. Komodo juga diandalkan punya kelenjar dapat.

Musim Kawin Komodo

Komodo dewasa dengan berat badan sekitar 20 kilogram telah siap untuk berkembang biak dan itu terjadi di musim kawin. Ini lazimnya terjadi tiap-tiap Juni hingga Agustus. Para komodo jantan akan beradu untuk memperebutkan komodo betina. Selama musim kawin, komodo jantan dapat menjelajah sampai tiga kali lebih jauh dari jarak lazimnya demi mencari komodo betina.

Komodo Makan Komodo

Komodo yakni predator puncak dalam rantai makanan. Mereka termasuk satwa pemakan daging yang dapat memakan mangsa dalam bermacam-macam ukuran, mulai dari reptil, telor, burung, babi hutan, rusa, kuda sampai kerbau. Sedangkan sekali-sekali juga memangsa sesama komodo. Cuma dapat saja lolos, mangsa yang kena gigit komodo lazimnya akan mati dalam hitungan hari sebab luka dan infeksi yang berasal dari kuman yang terkandung di air liur komodo.

Bukan Hewan Komodo

Binatang penghuni Taman Nasional Komodo tidak cuma komodo saja. juga ada binatang lain seperti kuda, rusa, kerbau, babi hutan, serta bermacam tipe ragam burung dan ular.

 

 

 

Artikel terkait : https://komodoshuttle.com/city-tour-overland-flores/