Kopi Tubruk Racikan Terenak

kopi tubruk

Secangkir kopi umumnya jadi menu pengiring sarapan. Dari beraneka tempat ada banyak kopi nikmat yang umum tersaji di pagi hari. – https://solusibaja.co.id/

Kecuali teh, kopi banyak dipilih sebagai minuman pendamping sarapan. Jenisnya rupanya ada banyak di beraneka tempat Indonesia. Mana yang jadi favoritmu?

1. Kopi tubruk

Yang satu ini yaitu racikan kopi simpel. Berupa bubuk kopi dan air panas saja. Dapat juga ditambahkan gula pantas selera. Kopi tubruk populer dirasakan di Jawa dan Bali untuk memandu sarapan singkong atau pisang goreng.

Untuk membikin kopi tubruk nikmat ada sebagian regulasi. Yang pertama yaitu rasio bubuk kopi dan air kaprah-kaprah 1:15 alias 1 gram bubuk kopi diseduh 15 mililiter air. Sementara untuk suhu air yang dianjurkan di atas 90 C.

2. Kopi tarik

Kecuali teh tarik, ada juga kopi tarik atau kupi tarek yang populer dari Aceh. Kopi diracik dengan gaya tradisional ala Melayu. Kopi dituang dengan mengaplikasikan filter kain berbentuk memanjang, mirip t-shirt kaki.

Kata tarik sendiri mengacu pada pelaksanaan pembuatan kopi yang dituang dengan metode seperti ditarik-tarik dari satu gelas ke gelas lainnya. Ciri khas kopi tarik ada pada permukaannya yang berbuih-buih. Kopi tarik dapat dirasakan dalam versi kopi hitam atau kopi susu.

3. Kopi talua

Dari Minangkabau ada kopi telor atau kopi talua untuk menambah daya di pagi hari. Kopi ini diracik dari paduan kopi dan kuning telor. Ada juga bahan lain seperti susu kental manis dan bubuk kayu manis.

Tidak usah kuatir kuning telor terasa anyir, penambahan air seduhan kopi pasalnya dapat mematangkan telor hal yang demikian. Kopi talua disebut-ucap punya manfaat lain terutamanya untuk meningkatkan vitalitas kaum pria.