Plafon Kendaraan Dekil, Ini Metode Gampang Membersihkannya

Komponen langit-langit di kabin kendaraan beroda empat atau plafon pvc, acap kali menjadi komponen yang tak diamati. Meski, komponen ini juga menjadi komponen penting dalam keindahan interior kendaraan, kecuali jok dan dasbor.

Komponen ini sering terlewat untuk dibersihkan yang seolah keok penting dengan jok, door trim, atau dasbor.

Debu dan asap knalpot, menjadi penyumbang kotoran terbesar di plafon. Terutamanya, bagi pengendara yang menyenangi membuka jendela yang akan kian memperburuk resiko plafon kendaraan beroda empat terpapar asap dan debu.

Menginformasikannya pressroomtoyotaastra, ditulis Rabu (14/2/2018), tradisi mengisap rokok di kendaraan beroda empat juga berkontribusi kepada keadaan interior kendaraan beroda empat, termasuk plafon. Tak cuma kotoran, wangi-wangian tidak nikmat dapat bersarang di plafon.

Idealnya, perawatan plafon dikerjakan minimal enam bulan sekali supaya kotoran sirna dan kwalitas udara dalam kabin konsisten terjaga.

Sebagian bahan dan kelengkapan yang sepatutnya disiapkan untuk membersihkan plafon juga bersifat awam, sehingga gampang untuk didapat seperti sikat lembut, kain chamois, tisu, kain lap katun kering, dan cairan pembersih plafon yang dapat dibeli di pasaran.

Berikut langkah-langkah membersihkan plafon :

1) Periksa segala komponen plafon dan fokus pada kotoran yang menempel.

2) Semprotkan cairan pembersih plafon secara menyebar di permukaan kain plafon.

3) Sikat permukaan pelan-lahan sampai fokus kotoran terpecah. Ketika menyikat, upayakan jangan ditekan terlalu kuat sebab dapat merusak tekstur kain plafon.

4) Pakai kain chamois lembab untuk mengangkat beberapa kotoran. Usap, angkat dan keringkan.

5) Usap dengan tisu untuk sisa kotoran yang ketinggalan dan tepuk-tepuk pelan dengan tisu di permukaan plafon.

6) Tisu juga dapat diterapkan untuk membersihkan jeda-jeda permukaan plafon. Umumnya kotoran baru akan lebih gampang terangkat.