Kemenko Maritim: Izin Usaha Dicabut Jika Tidak Gunakan Komponen Lokal

Kemenko Maritim: Izin Usaha Dicabut Jika Tidak Gunakan Komponen Lokal

Pemerintah tengah gencar meningkatkan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) untuk membangun berjenis-jenis proyek nasional melalui terbitnya Perpres 2/2018 perihal Kebijakan Industri Nasional Tahun 2015-2019.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pemerintah menyiapkan hukuman bagi perusahaan yang tidak memenuhi prasyarat minimum TKDN dalam produk-produk yang dihasilkannya.

“Pastilah, aku ketuanya, sepatutnya ada (hukuman). Kau nanti saya cabut izinnya, sepatutnya kontribusi dong. Nasional interest, peringatan 1, 2, 3 jika ndak berharap ya telah cabut,” terang ia dikantornya Jakarta Sentra, Kamis (20/9/2018).

Luhut mengakui, memang ketika ini industri dalam negeri masih mengalami keterbatasan dalam hal menciptakan bagian yang berkwalitas dan relatif murah.

Produk bagian dalam negeri tak jarang dikeluhkan lantaran harganya yang lebih mahal dari bagian serupa yang didapat dari impor.

Tapi berdasarkan Luhut, apabila makin banyak yang mengaplikasikan TKDN dalam tiap-tiap proyek, karenanya produsen bagian dalam negeri dapat meningkatkan kapasitas produksinya. Pada akibatnya, dapat menurunkan harga bagian.

“Katanya lebih mahal, ya mahal sebab volume sedikit. Jikalau volume banyak, ya pasti harga akan murah,” tandas ia.

 

Sumber: https://solusibaja.co.id/