PLN Bangun Kabel Bawah Laut 20 kV Untuk Pulau NTB

– PLN Kawasan Nusa Tenggara Barat (NTB) sedang membangun infrastruktur kelistrikan untuk mengalirkan listrik ke salah satu pulau potensi pariwasata di NTB, yaitu Gili Gede. Terletak di Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, listrik di Gili Gede akan disambungkan dengan metode kelistrikan Lombok dimana PLN akan membangun kabel laut 20 kiloVolt (kV) sepanjang 2×2,4 km.

Susahnya medan dan terbatasnya alat transportasi membikin PLN mesti berprofesi keras untuk melistriki rumah 450 kepala keluarga (KK) yang ada di pulau hal yang demikian.

General Manager PLN Kawasan NTB Mukhtar mengatakan tantangan paling besar yang dihadapi dikala melistriki kawasan-kawasan terpencil yaitu medan yang susah dan alat transportasi yang terbatas.

Baca juga: Jual Genset

Untuk melistriki Gili Gede semisal, pengangkutan kelengkapan kelistrikan dengan metode-metode tradisional, adalah memakai tongkang simpel yang ditarik oleh sebuah kapal kayu. Untuk menaikkan semua kelengkapan, seperti gulungan kabel, trafo dan tiang juga dikerjakan secara manual, dengan digotong atau memakai gerobak.

“Sebab ini membikin pengerjaan pengangkutan dan pembangunannya lebih lama. Seperti kapal dan peralatannya simpel, tentu kami mesti lebih hati-hati. Ombak besar sedikit, tentu menaikkan kelengkapan ke kapal lebih susah, malahan kadang-kadang kami mesti menunda pengangkutan hingga cuacanya membaik,” kata Mukhtar dalam keterangan tertulisnya, Jumat (23/2/2018).

Terangi Pulau di NTB, PLN Bangun Kabel Bawah Laut 20 kV

 

Kecuali juga dikala tiba di Gili Gede semua kelengkapan diangkut dari dermaga menuju lokasi pemasangan memakai gerobak, malahan kadang-kadang mesti digotong oleh sebagian petugas. Pasalnya, kecuali jalan masuk jalan yang kecil, di Gili Gede bahkan tak terdapat kendaraan beroda empat.

“Kami akan menyambungkan dua kabel sekalian, satu sebagai cadangan, sehingga sekiranya ada gangguan, penyaluran listrik dapat dialihkan. Demikian itu, jika pertumbuhan muatan tinggi, kami juga konsisten dapat penuhi,” kata Mukhtar.

Baca juga: Sistem Sebagian PLN Dongkrak Konsumsi Listrik RI

Gili Gede ialah salah satu pulau yang mempunyai potensi di bidang perikanan dan pariwisata. Beberapa besar penduduknya bekerja sebagai nelayan dan budidaya ikan laut. Dikala penduduk juga mempunyai homestay bagi pelancong. ini, penduduk Gili Gede memakai genset murah untuk memenuhi keperluan listriknya. Oleh sebab itu, absensi listrik PLN ini diinginkan menyokong perekonomian masyarakat Gili Gede.